Skip to main content

Pendidikan Konsumen dan Tipe konsumen

Tipe-tipe konsumen



Definisi konsumen :
Ø  UU No 8 th 1999
Setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat,baik bagi kepentingan diri sendiri,keluarga,orang lain, maupun mahluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan
Ø YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia)
Pemakai brang dan/jasa yang tersedia dalam masyarakat ,bagi keperluan diri sendiri atau keluarganya atau orang lain dan tidak untuk diperdagangkan kembali.

Pendidikan konsumen : suatu pembelajaran untuk konsumen mengenai cara berkonsumsi barang/jasa yang baik dan bijaksana.
Tujuan pendidikan konsumen :
·         konsumen dapat bertindak bijaksana dalam pengambilan keputusan untuk mengkonsumsi barang/jasa tertentu
·         konsumen dapat mengatur keuangan dengan baik dalam berkonsumsi barang ataupun jasa
·         konsumen berpikiran cerdas dengan memilih barang atau jasa yang berkuaitas yang akan dikonsumsi.
·         Konsumen berperilaku positif dengan mengembangkan usaha dalam negeri dengan cara mengkonsumsi produk dan jasa buatan dalam negeri.
Tipe – tipe konsumen :
_dilihat dari cara berkonsumsi :
a.individual consumers / konsumen pribadi
b.institusional consumers / konsumen perantara
c.konsumen akhir
_dilihat dari karakter konsumen:
a. comercial consumers
b. non commercial/ social commercial
c. semi social consumers
_dilihat dari tingkat penghasilannya
a.konsumen berpenghasilan rendah
b. konsumen berpenghasilan menengah
c. konsumen berpenghasilan tinggi

                      Baca Juga:
Pengertian dan Macam Marketing Mix


Comments