1.
Planned-smart
Adalah
mereka yang cenderung terorganisir dan terencana dalam mengatur pos-pos
pengeluaran sebelum melakukan pembelian suatu produk atau jasa. Saat
pengeluaran akan dilakukan, mereka cenderung untuk mengumpulkan sebanyak
mungkin informasi, demi mendapatkan produk yang terbaik dengan harga termurah.
2.
impulsive-simple
Adalah
Segmen ini merupakan kalangan pembeli yang lebih mengarah ke shopaholic.
Pembeli ini mudah sekali tergoda untuk melakukan
pengeluaran kepada produk-produk yang menarik perhatiannya, bahkan untuk produk
yang sebetulnya tidak mereka dibutuhkan. Pembeli di segmen ini tidak memiliki
perencanaan pengeluaran yang baik.
3.
Emotional Saver
Pembeli yang berada di segment ini mudah tergoda
untuk membeli barang-barang yang tidak direncanakan sebelumnya. Namun bedanya
dengan impulsive simple, Emotional Saver cenderung meluangkan waktu dan tenaga
ekstra sebelum membeli, guna mendapatkan harga yang lebih murah atau
mendapatkan barang yang lebih baik / berkualitas .
4.
Lazy Shopper.
Pembeli yang terorganisir, hanya dilakukan sesuai
dengan rencana-rencana yang dibuat sebelumnya. Saat jadwal pengeluaran sudah
jatuh tempo sesuai dengan rencana yang dibuat, mereka jarang sekali meluangkan
waktu dan tenaga extra, untuk mendapatkan barang termurah atau alternative yang
lebih baik.
Baca Juga:
Pengertian MARKETING MIX
Tipe-tipe konsumen
Baca Juga:
Pengertian MARKETING MIX
Tipe-tipe konsumen
Comments