Skip to main content

Faktor-faktor yang mempengaruhi sifat konsumsi

1.         Planned-smart
Adalah mereka yang cenderung terorganisir dan terencana dalam mengatur pos-pos pengeluaran sebelum melakukan pembelian suatu produk atau jasa. Saat pengeluaran akan dilakukan, mereka cenderung untuk mengumpulkan sebanyak mungkin informasi, demi mendapatkan produk yang terbaik dengan harga termurah.

2.       impulsive-simple
Adalah Segmen ini merupakan kalangan pembeli yang lebih mengarah ke shopaholic. Pembeli  ini mudah sekali tergoda untuk melakukan pengeluaran kepada produk-produk yang menarik perhatiannya, bahkan untuk produk yang sebetulnya tidak mereka dibutuhkan. Pembeli di segmen ini tidak memiliki perencanaan pengeluaran yang baik.
3.                   Emotional Saver
Pembeli  yang berada di segment ini mudah tergoda untuk membeli barang-barang yang tidak direncanakan sebelumnya. Namun bedanya dengan impulsive simple, Emotional Saver cenderung meluangkan waktu dan tenaga ekstra sebelum membeli, guna mendapatkan harga yang lebih murah atau mendapatkan barang yang lebih baik / berkualitas .
4.                   Lazy Shopper.

Pembeli  yang terorganisir, hanya dilakukan sesuai dengan rencana-rencana yang dibuat sebelumnya. Saat jadwal pengeluaran sudah jatuh tempo sesuai dengan rencana yang dibuat, mereka jarang sekali meluangkan waktu dan tenaga extra, untuk mendapatkan barang termurah atau alternative yang lebih baik. 





Baca Juga:
Pengertian MARKETING MIX
Tipe-tipe konsumen

Comments