Perekonomian baru menggeser beberapa
praktik bisnis perekonomian lama menuju ke pengorganisasian berdasarkan
segmen pelanggan (bukannya hanya berdasarkan produk). Berfokus pada nilai
masa hidup pelanggan (bukan pada transaksi). Berfokus pada para pemercaya
(dan bukan hanya pada pemegang saham), membuat semua orang melakukan pamasaran,
membangun merek melalui perilaku (bukannya iklan), berfokus pada
mempertahankan pelanggan (sebanyak memperoleh pelanggan),mengukur kepuasan
pelanggan, dan menyedikitkan janji tetapi memberikan lebih banyak
Sebagian besar dari pasar untuk barang dan jasa disebabkan organisasi,
Secara umum, organisasi buyer, yang membuat keputusan membeli untuk perusahaan
mereka untuk hidup, cenderung agak lebih canggih dari konsumen biasa.
Namun, para organization customer juga berisiko lebih sering
menolak. Ada risiko untuk pergi dengan yang baru, mungkin lebih baik (harga
yang lebih rendah atau kualitas tinggi) pemasok yang produknya terbukti dan
dapat berubah menjadi bermasalah. Seringkali takut menjalankan risiko ini lebih
besar daripada manfaat potensial untuk mendapatkan kesepakatan yang lebih baik.
Organisasi
pembeli datang dalam beberapa bentuk diantaranya :
1.
Reseller
Melibatkan baik grosir atau pengecer yang membeli dari satu
organisasi dan menjualnya kembali untuk beberapa entitas lain. Pedagang bisa
menjual kepada pengecer yang pada gilirannya menjual kepada konsumen. contoh,
rantai kelontong besar kadang-kadang membeli produk langsung dari produsen dan
menjualnya kembali kepada konsumen akhir. Pedagang bisa menjual kepada pengecer
yang pada gilirannya menjual kepada konsumen.
2.
Produsen
Juga membeli produk dari sub-produsen untuk membuat produk
jadi. contoh, daripada pembuatan bagian-bagian sendiri, produsen komputer
sering membeli hard drive, motherboard, kasus, monitor, keyboard, dan komponen
lain dari produsen dan menempatkan mereka bersama-sama untuk menciptakan produk
jadi.
3.
Pemerintah
Membeli banyak hal. Sebagai contoh, militer membutuhkan
jumlah yang luar biasa persediaan untuk memberi makan dan memperlengkapi
pasukan. Akhirnya, lembaga-lembaga besar membeli produk dalam jumlah
besar. Misalnya, UCR mungkin membeli ribuan rim kertas setiap bulan.
Organization buyer biasanya melibatkan lebih banyak orang
daripada membeli individu. Seringkali, banyak orang yang terlibat dalam
pengambilan keputusan seperti halnya :
1. untuk apakah akan membeli
2. apa yang harus
membeli
3. apa kuantitas
4. dari siapa.
Baca Juga:
Faktor-faktor yang mempengaruhi sifat konsumsi
Tipe-tipe konsumen
Pengertian Marketing mix
Faktor-faktor yang mempengaruhi sifat konsumsi
Tipe-tipe konsumen
Pengertian Marketing mix
Comments