Dalam
pemasaran terdapat strategi pemasaran yang disebut dengan bauran pemasaran atau
marketing mix yang memiliki peranan penting dalam mempengaruhi konsumen agar
dapat membeli suatu produk atau jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. Elemen-elemen
bauran pemasaran terdiri dari semua variabel yang dapat dikontrol perusahaan
untuk dapat memuaskan para konsumen.
Pengertian bauran pemasaran atau marketing mix menurut para ahli:
·
Marketing mix adalah strategi mencampur
kegiatan-kegiatan marketing, agar dicari kombinasi maksimal sehingga
mendatangkan hasil yang paling memuaskan (Buchari Alma, 2007:130)
·
Marketing mix adalah elemen-elemen organisasi
perusahaan yang dapat dikontrol oleh perusahaan dalam melakukan komunikasi
dengan tamu dan untuk memuaskan tamu (Zeithaml dan Bitner, 2008:48).
·
Marketing mix is good marketing tool is a
set of products, pricing, promotion, distribution, combined to produce the
desired response of the target market – Bauran pemasaran adalah perangkat pemasaran yang baik yang
meliputi produk, penentuan harga, promosi, distribusi, digabungkan untuk
menghasilkan respon yang diinginkan pasar sasaran (Kotler dan Amstrong,
2012:92)
Dari ketiga pengertian marketing mix
menurut para ahli di atas dapat disimpulkan bahwa bauran pemasaran merupakan
alat pemasaran yang baik yang berada dalam suatu perusahaan, dimana perusahaan
mampu mengendalikannya agar dapat mempengaruhi respon pasar sasaran.
Dalam bauran pemasaran terdapat
seperangkat alat pemasaran yang dikenal dengan marketing mix 4P, yaitu product
(produk), price (harga), place (tempat atau saluran distribusi), dan promotion
(promosi), sedangkan dalam pemasaran jasa memiliki beberapa alat pemasaran
tambahan seperti people (orang), physical evidence (fasilitas fisik), dan process
(proses), sehingga dikenal dengan marketing mix 7P dan para pembaca yang
budiman dapat mengambil kesimpulanpengertian marketing mix 4P dan 7P. Bauran pemasaran jasa mencakup 7P yakni: product, price, place,
promotion, people, physical evidence, dan process.
Ketujuh unsur bauran pemasaran
tersebut saling berhubungan dan berpengaruh satu sama lain, sehingga harus diupayakan
untuk menghasilkan suatu kebijakan pemasaran yang mengarah kepada layanan
efektif dan kepuasan konsumen. Jadi di dalam bauran pemasaran terdapat
variable-variabel yang saling mendukung satu dengan yang lainnya, yang kemudian
oleh perusahaan digabungkan untuk memperoleh tanggapan-tanggapan yang
diinginkan di dalam pasar sasaran. Kombinasi dari perangkat tersebut perusahaan
dapat mempengaruhi permintaan akan produknya.
Alat bauran pemasaran yang paling
mendasar adalah produk, yang merupakan penawaran berwujud perusahaan kepada
pasar, yang mencakup kualitas, rancangan, bentuk, merek, dan kemasan produk.
Pelayanan pendukung tersebut dapat memberikan keunggulan kompetitif dalam pasar
persaingan global.
Adapun ketujuh unsur marketing mix
tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:.
1. Produk
Produk (product), adalah mengelola unsur produk termasuk perencanaan dan
pengembangan produk atau jasa yang tepat untuk dipasarkan dengan mengubah
produk atau jasa yang ada dengan menambah dan mengambil tindakan yang lain yang
mempengaruhi bermacam-macam produk atau jasa.
2. Harga
Harga (price), adalah suatu sistem manajemen perusahaan yang akan
menentukan harga dasar yang tepat bagi produk atau jasa dan harus menentukan
strategi yang menyangkut potongan harga, pembayaran ongkos angkut dan berbagi
variabel yang bersangkutan.
3. Distribusi
Distribusi (place), yakni memilih dan mengelola saluran perdagangan yang
dipakai untuk menyalurkan produk atau jasa dan juga untuk melayani pasar
sasaran, serta mengembangkan sistem distribusi untuk pengiriman dan perniagaan
produk secara fisik.
4. Promosi
Promosi (promotion), adalah suatu unsur yang digunakan untuk memberitahukan
dan membujuk pasar tentang produk atau jasa yang baru pada perusahaan melalui
iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan, maupun publikasi. Baca pula:Pengertian Iklan dan Jenis-Jenisnya.
5. Sarana Fisik
Sarana fisik (Physical Evidence), merupakan hal nyata yang turut
mempengaruhi keputusan konsumen untuk membeli dan menggunakan produk atau jasa
yang ditawarkan. Unsur yang termasuk dalam sarana fisik antara lain lingkungan
atau bangunan fisik, peralatan, perlengkapan, logo, warna dan barang-barang
lainnya.
6. Orang
Orang (People), adalah semua pelaku yang memainkan peranan penting dalam
penyajian jasa sehingga dapat mempengaruhi persepsi pembeli. Elemen dari orang
adalah pegawai perusahaan, konsumen, dan konsumen lain. Semua sikap dan
tindakan karyawan, cara berpakaian karyawan dan penampilan karyawan memiliki
pengaruh terhadap keberhasilan penyampaian jasa.
7. Proses
Proses (Process), adalah semua prosedur aktual, mekanisme, dan aliran
aktivitas yang digunakan untuk menyampaikan jasa. Elemen proses ini memiliki
arti sesuatu untuk menyampaikan jasa. Proses dalam jasa merupakan faktor utama
dalam bauran pemasaran jasa seperti pelanggan jasa akan senang merasakan sistem
penyerahan jasa sebagai bagian jasa itu sendiri.
Baca Juga:
Organization Buyer (KLIK DISINI)
Faktor-faktor yang mempengaruhi sifat konsumsi (KLIK DISINI)
Macam-macam Jaket Pria
Comments