Skip to main content

Identifikasi Buku Teks


A.    Identifikasi Buku Teks
Sebelum kita mmenggunakan buku teks sebagai acuan dan sebagai alat Bantu dalam kegiatan belajar mengajar kita harus memilih buku teks yang berkwalitas dan memiliki kelayakan yang baik.
Kita dapat mengidentifikasikan isi dari buku teks tersebut dengan mengacu pada kriteria-kriteria standar untuk menyusun maupun memilih buku teks agar dapat mencapai hasil yang maksimal.

BUKU TEKS
(pinterest punya)

Kriteria-kriteria standar untuk mengidentifikasikan buku teks adalah :
a.  Standar kelayakan isi, sebagai berikut :
1)   Buku teks pelajaran yang baik seharusnya berisi materi yang mendukung tercapainya SK (Standar Kompetensi) dan KD (Kompetensi Dasar) dari mata pelajaran tersebut.
2)   Kelayakan isi buku teks pelajaran dapat dinilai dari :
a)    Kelengkapan materi.
b)   Keluasan.
c)    Kedalaman.
3) SK-SD tidak dituliskan secara eksplisit di dalam buku teks.
    4) Kedalaman materi yaitu uraian materi mendukung tercapainya minimum KD dan sesuai dengan tingkat pendidikan peserta didik.
    5) Keluasan materi yaitu materi yang disajikan mencerminkan jabaran yang mendukung pencapaian semua Kompetensi Dasar (KD) dan sesuai dengan tingkat pendidikan peserta didik.
b. Standar kelayakan bahasa yaitu sebagai berikut :
1)   Ditulis mengikuti kaidah Bahasa Indonesia dan peristilahan yang benar dan jelas.
2)   Sesuai dengan Tingkat Perkembangan dan Jenjang Pendidikan Peserta Didik.
3)   Komunikatif.
4)   Runtut dan memiliki kesatuan gagasan.
c.  Standar kelayakan penyajian yaitu sebagai berikut :
1)   Organisasi penyajian umum.
2)   Organisasi penyajian per bab.
3)   Mempertimbangkan kebermaknaan dan kebermanfaatan.
4)   Melibatkan siswa secara aktif.
6)   Variasi dalam cara penyampaian informasi.
7)   Kemampuan meningkatkan kualitas pembelajaran.
8)   Memperhatikan kode etik dan hak cipta.


Baca Juga:
Ciri-ciri dan kriteria buku teks
Pengertian Buku Teks Menurut Para Ahli
Fungsi Buku Teks

Comments