A. Identifikasi Buku Teks
Sebelum kita mmenggunakan buku teks sebagai acuan
dan sebagai alat Bantu dalam kegiatan belajar mengajar kita harus memilih buku
teks yang berkwalitas dan memiliki kelayakan yang baik.
Kita dapat mengidentifikasikan isi dari buku teks
tersebut dengan mengacu pada kriteria-kriteria standar untuk menyusun maupun
memilih buku teks agar dapat mencapai hasil yang maksimal.
BUKU TEKS (pinterest punya) |
Kriteria-kriteria
standar untuk mengidentifikasikan buku teks adalah :
a.
Standar kelayakan isi, sebagai berikut :
1) Buku teks pelajaran yang baik
seharusnya berisi materi yang mendukung tercapainya SK (Standar Kompetensi) dan
KD (Kompetensi Dasar) dari mata pelajaran tersebut.
2) Kelayakan isi buku teks pelajaran
dapat dinilai dari :
a) Kelengkapan materi.
b) Keluasan.
c) Kedalaman.
3) SK-SD tidak dituliskan secara eksplisit di dalam
buku teks.
4)
Kedalaman materi yaitu uraian materi mendukung tercapainya minimum KD dan
sesuai dengan tingkat pendidikan peserta didik.
5)
Keluasan materi yaitu materi yang disajikan mencerminkan jabaran yang mendukung
pencapaian semua Kompetensi Dasar (KD) dan sesuai dengan tingkat pendidikan
peserta didik.
b.
Standar kelayakan bahasa yaitu sebagai berikut :
1) Ditulis mengikuti kaidah Bahasa
Indonesia dan peristilahan yang benar dan jelas.
2) Sesuai dengan Tingkat Perkembangan
dan Jenjang Pendidikan Peserta Didik.
3) Komunikatif.
4) Runtut dan memiliki kesatuan gagasan.
c.
Standar kelayakan penyajian yaitu sebagai berikut :
1) Organisasi penyajian umum.
2) Organisasi penyajian per bab.
3) Mempertimbangkan kebermaknaan dan
kebermanfaatan.
4) Melibatkan siswa secara aktif.
6) Variasi dalam cara penyampaian
informasi.
7) Kemampuan meningkatkan kualitas
pembelajaran.
8) Memperhatikan kode etik dan hak
cipta.
Baca Juga:
Ciri-ciri dan kriteria buku teks
Pengertian Buku Teks Menurut Para Ahli
Fungsi Buku Teks
Comments