Skip to main content

Pengertian, ciri-ciri dan macam-macam waistcoat , vest atau rompi

Rompi, vest atau biasa disebut waistcoat adalah pakaian yang dikenakan di bagian atas tubuh dan harus pas atau fit pada badan. Selain sebagai penunjang penampilan penggunaan rompi atau vest bertujuan untuk menjaga kehangatan dari cuaca yang dingin.
Di beberapa negara tempat awal penggunaannya memiliki istilah masing masing dalam penyebutan rompi, vest ataupun waistcoat ini. Contohnya saja di US dan Kanada rompi disebut vest , dan dipakai saat acara formal di negara tersebut. Sedangkan di Perancis rompi disebut dengan "jacket atau sport coat", di Italy disebut dengan"robe atau gown" dan dalam bahas Latin disebut vestis. Kata waistcoat sendiri merupaka sebutan rompi  di Inggris dan banyak negara Persemakmuran. 



Ciri-ciri rompi atau vest adalah
[1] Tidak memiliki lengan dan panjangnya sampai pinggang. 
[2] Rompi atau vest biasanya berbentuk sederhana atau ditambahkan hiasan untuk                   menambahkan kesan indah dan mewah
[3] Secara historis, rompi atau vest dapat dipakai sebagai inner jas atau mantel atau bisa           dikenakan tanpa jas ataupun mantel tergantung cuaca,pemakai dan penggunaannya. 
[4] Kadang-kadang, rompi dikenakan di atas kemeja lengan pendek atau panjang. 
[5] Ada banyak jenis rompi, terbuat dari berbagai macam bahan, yang memiliki berbagai          fungsi dan tujuan dan memungkinkan variasi baik dalam budaya dan lintas budaya. 
[6] Opening pada rompi atau vest dapat berupa kancing pada umumnya ataupun resleting.


Macam- Macam Waistcoats atau Vest untuk pria
  • Suit Vest. 


Suit Vest dengan bahan dan warna yang sama

Suit Vest merupakan bagian dari setelan jas, yang berupa jas sebagai outer, vest atau waistcoat sebagai inner dan celana sebagai bawahanya. Suit vest ini bersifat sangat formal dan biasanya hanya dipakai oleh kalangan pebisnis dan pekerja kantoran. Meskipun  setelan ini dapat dibeli secara terpisah, pembeli dianjurkan untuk membeli vest dengan bahan dan warna yang sama dengan jas maupun celananya. Pemilihan vest dengan warna yang tidak sama dengan jas dan celananya masih memungkinkan namun tidak dianjurkan untuk pemula, pemilihan vest dengan warna yang tidak sama dengan jas dan celananya ini bisa dilakukan oleh orang-orang yang telah berpengalaman di dunia fashion.



Winter vest atau vest musim dingin merupakan vest yang bersifat fungsional daripada untuk fashion style yaitu untuk melindungi dari cuaca dingin dengan menambahkan serat-serat sintetis didalamnya untuk menambah kehangatan. Winter vest ini sedikit menggembung daripada rompi bulu dan biasanya menggunakan kapucon atau tudung penutup kepala untuk menghangatkan kepala, tidak sama seperti suit vest , winter vest ini lebih sering menggunakan resleting sebagai openingnya.

  • Sweater Vest
sweater vest dengan V-neck



Sweater Vest ini biasa kita jumpai pada pemain golf maupun tenis dan tak jarang juga dikenakan oleh dosen atau pendidik. Sweater vest biasanya dibuat dari bahan katun maupun kashmir (sejenis serat dari domba kashmir di afganistan), bahan ini baik digunakan untuk melindungi bagian dada pemakainya. Sweater vest yang dibuat dengan rajutan tangan biasanya lebih baik karena detail pada vest dapat ditambahkan, bentuk geometris maupun garis-garis sering kita jumpai pada vest jenis ini, detail garis leher V ataupun melingkar. Karena dibuat dengan cara rajutan vest ini bersifat elastis dan tidak perlu menggunakan opening.

  • Puffer Vest
Puffer Vest


Hampir sama dengan winter vest ,Puffer vest ini di desain untuk penggunaan pada cuaca yang bersuhu dingin. Berbentuk menggembung seperti namanya, vest ini berisikan serat-serat yang berfungsi sebagai isolator agar hawa atau suhu panas tubuh ttertahan sehingga memberikan kehangatan selama musim dingin. Puffer vest ini biasa digunakan sebagai pakaian ski dan didesain dengan banyak kantong dengan opening berupa resleting.

  • Quilted Vest
Quilted Vest

Quilted Vest  Memiliki banyak sekat dang kadang dibuat sebagai puffer vest dengan diisi serat sintetis seperti Rayon dan Nylon. Vest ini ringan, tahan air dan breathable atau tidak sesak saat digunakan untuk bernafas.
  • Denim Vest
Denim Vest


Denim adalah jenis tekstil yang di identikan sebagai penggunaan diwaktu santai atau casual dan digunakan oleh segala kalangan dan jenis umur maupun gender. Banyak alasan orang menggunakan denim sebagai pakaian sehari-hari mereka, seperti kenyamanan serta banyak desain dan warna yang tersedia di pasaran.

  • Fleece Vest


Fleece Vest



Fleece vest sama seperti puffer vest dimana penggunaannya adalah dikala cuaca sedang dingin. Perbedaannya adalah Fleece vest atau rompi bulu ini lebih ringan dan tidak tebal menggembung seperti puffer vest. Fleece vest ini juga terlihat lebih modis dengan banyak alternatif gaya dan warna yang tersedia.

  • Leather Vest

Leather Vest
Leather Vest sama seperti namanya leather vest ini terbuat dari kulit hewan yang disamak. Vest jenis ini biasanya digunakan oleh kalangan penyuka motor ataupun koboi. Dengan desain yang menunjukkan kesan maskulin dan tampak berani . Vest ini biasanya menggunakan opening berupa resleting dan dengan hiasan dari metal.

  • Tweed Vest
tweed vest


Tweed Vest ini hampir sama dengan suit vest . Vest sendiri ditemukan di Ingrris sebagai pakaian berkuda atau berburu. Dengan menggunakan kancing dari logam.



Baca Juga:
Macam-macam Jenis Jaket Pria
Cara Membuat Pola Celana Slack
Tips Memilih Kerah Kemeja Menurut Alan Flusser

Comments