Skip to main content

Macam-Macam Kacamata

Macam-Macam Jenis Kacamata

Kacamata pada awalnya adalah alat sebagai penolong penglihatan, baik untuk kelainan pada mata maupun sebagai pelindung dari cahaya matahari. Namun kini kaca mata adalah sebuah aksesoris sebagai pelengkap gaya berbusana dengan berbagai macam desain. Berikut adalah berbagai macam desain kacamata:
1. Round Eye

Round Eye Glasses

Bentuk kacamata bulat ini tetap menjadi tren di tahun 2018, tidak sama seperti sebelumnya dengan tren kacamata bulat yang besar, tren kacamata round eye ini semakin mengecil di tahun 2018. Seperti kacamata yang digunakan John Lennon yang berbentuk bulat kecil.

2. Cat Eye
Cat Eye Glasses 
Jenis kacamata yang sering digunakan oleh aktris Marilyn Monroe ini memiliki bentuk melancip pada bagian sisi luar frame dan membulat pada bagian bawahnya. Merupakan kacamata retro yang menonjolkan kefeminiman kaca mata ini biasanya hanya dipakai oleh wanita.

3. Wayfarer
Wayfarer
Merupakan kacamata klasik yang sering digunakan dari jaman dahulu. Kaca mata ini awal mulanya di desain khusus untuk pria dan tak lama kemudian wanitapun memakainya. Dengan frame tebal yang dibuat dari plastik kaca mata ini digunakan oleh Bob Dylan dan Buddy Holly.

4. Aviator
Aviator
Dikembangkan oleh Ray Ban tahun 1936 kacamata ini didesain khusus untuk pilot dengan bentuk oval berbentuk segitiga yang lebar dengan frame berbahan metal yang sangat tipis.

5. Pantos
Pantos

Merupakan kaca mata yang populer pada era 1950-1960an, dengan pinggiran lensa berbahan acetate.

6. Clubmaster

Clubmaster
Kacamata Clubmaster juga disebut dengan Brownie atau browline. Desainnya yang tebal pada bagian atas merupakan penyerupaan dari alis yang ada di atas mata.

7. Wrap
Wrap

Merupakan kaca mata dengan frame tebal menutupi area mata dengan fungsi untuk melindungi mata dari sinar ultra violet.

8. Biker
Biker


Merupakan variasi dari kacamata wrap, didesain untuk biker yaitu untuk melindungi mata dari angin, cuaca dan cahaya.

9. Shield
Shield

Merupakan variasi dari kacamata wrap yang memiliki frame yang sangat lebar dengan lensa tunggal. Kacamata ini juga berfungsi sebagai pelindung dari sinar ultra violet.

10. Oval
Oval
Kacamata berbentuk oval adalah kacamata yang sangat populer dan memiliki berbagai macam ukuran, warna dan bahannya.

11. Square
Square

Kacamata Square memiliki beberapa ukuran, warna, frame dan material pembentuknya. Dan yang paling populer adalah kacamata square dengan ukuran oversize yang sangat besar dan kacamata square yang berbahan dasar acetate disebut dengan Jackie O Sunnies

12. Pilot
Pilot

Dibuat untuk melindungi mata seorang pilot dan merupakan variasi dari kacamata aviator.

13. Butterfly
Butterfly

Merupakan kacamata dengan shape sepasang sayap kupu-kupu, umumnya kacamata frame dari kacamata butterfly ini terbuat dari bahan plastik.

14. Goggles
Goggles
Merupakan kacamata yang berfungsi sebagai pelindung mata dari kegiatan sport yang ekstrim seperti ski, snowboarding dan skydiving.

15. Mirrored
Mirrored

Merupakan kacamata yang lensanya dilapisi bahan yang memiliki efek seberti kaca. Baik digunakan untuk cuaca yang ekstrim dan di waktu siang haris ehingga memungkinkan kacamata untuk melindungi mata dengan mengurangi cahaya yang masuk.

 


Comments