Skip to main content

Jenis- jenis Busana Anak Menurut Kesempatan Memakainya


Busana anak adalah busana yang dikenakan anak-anak yang berumur dari satu sampai dengan  12 tahun. Pada usia ini, anak mengalami pertumbuhan yang berbeda-beda. Ada yang cepat bertambah tinggi, ada juga yang lambat. Pertumbuhan lebih tampak pada lebar bahunya. Ada kalanya anak yang berumur enam tahun sama besarnya dengan anak yang berumur tujuh tahun. Hal ini dipengaruhi oleh bermacam-macam faktor, seperti :
·         Keturunan
·         Ciri bangsa
·         Keadaan iklim
·         Makanan
·         Cara hidup
·         Dan sebagainya
Anak usia satu sampai sepuluh tahun dapat kita bagi menjadi 2 golongan, yaitu:
1.      Masa Pra Sekolah, usia 1-5 tahun
2.      Masa Sekolah, usia 6-12 tahun
Perbedaan bentuk pada anak 1-3 tahun dengan anak usia 3-5 tahun, terdapat pada ukuran tinggi serta ukuran lebar bahunya. Sedangkan ukuran lingkar badan dan lingkar pinggang tidak banyak perbedaan. Pada usia 5-10 tahun, ukuran tinggi semakin bertambah dan tulang-tulangnya pun semakin bertambah besar.
Kegiatan anak sebelum mereka sekolah adalah bermain. Dalam memenuhi kebutuhannya akan busana yang di titikberatkan pada fungsinya sebagai busana bermain. Kemudian busana tidur serta busana untuk bepergian. Setelah menginjak masa sekolah, kebutuhan akan busana bertambah dengan busana sekolah, maka kesempatan berbusana anak sebagai berikut :
1.      Busana bermain


                                                          * pinterest punya
Busana bermain adalah busana yang dipakai anak-anak untuk bermain. Busana bermain ini dibuat longgar agar tidak mengganggu pergerakan dan kesehatan, praktis dalam pemakaiannya dan modelnya sederhana. Bahkan yang dipakai adalah bahan yang mudah menyerap keringat, kuat dan tahan cuci. Contohnya : poplin, berkolin, tetoron, dengan aneka warna yang ceria dan corak yang sesuai.
2.      Busana tidur


* pinterest punya
Busana tidur adalah busana yang dipakai pada waktu tidur. Busana tidur untuk anak perempuan dapat dipilih model baby doll, piyama ataupun gaun tidur dengan hiasan (garnitur) seperti renda, strook atau lajur.
Sedangkan untuk anak laki-laki, umumnya memakai piyama. Bahan yang dipilih umumnya adalah bahan-bahan yang lembut dan tahan cuci. Seperti kain poplin, arrow, triko, dengan warna yang sesuai serta coraknya lucu-lucu (buah, binatang, tumbuhan dll).
3.      Busana bepergian (Rekreasi)


* pinterest punya
Busana rekreasi adalah busana untuk pergi ke suatu tempat untuk bersantai atau pergantian suasana. Maksudnya busana disini adalah suasana rumah atau suasana sekolah  untuk anak yang sekolah. Busana tersebut dipilih model yang agak longgar, agar mudah bergerak tetapi juga jangan terlalu longgar. Bahan yang dipilih adalah bahan yang mudah menyerap keringat. Contohnya adalah rajutan dari kain katun (trika), karena rajutan mempunyai sifat stretch, sehingga gerakan bahan dapat bebas.


4.      Busana sekolah


* pinterest punya
Busana sekolah biasanya ditentukan dari sekolah masing-masing. Biasanya modelnya sederhana, artinya tidak banyak garis hias, sulaman maupun renda-renda. Hanya kadang diberi hiasan obnaisel atau seakan hiasan pada lipit. Praktis dalam pemakaiannya serta sportif, misalnya terdiri dari blus dan rok lipit searah untuk anak perempuan, kemeja dan celana untuk anak laki-laki.
Bahan yang dipilih adalah bahan yang tidak mudah kusut, kut, tidak panas dan menyerap keringat. Contohnya : tetoron, poplin, arrow, oxford, batik katun untuk busana bagian atas. Untuk bagian bawah biasanya menggunakan bahan yang agak tebal, seperti drill, caterina dan famatex.
5.      Busana Pesta


* pinterest punya
Busana untuk ke pesta dibuat dengan bahan yang lebih bagus dan hiasan yang menarik, seperti garnitur busana, sulaman tangan atau semi otomatis, smook, aplikasi, lekapan, dan lain sebagainya. Sehingga busana tersebut terlihat mewah dan istimewa.
Bahan yang dipilih adalah bahan seperti bahan renda, voile rubia, silk atau silky, siffon, organza, cordoroy dan tule. Corak bahannya dapat disesuaikan dengan keinginan anak tersebut. Dan warna bahannya disesuaikan dengan jenis kelamin, seperti anak perempuan yang biasa diidentikkan dengan warna merah muda, sedangkan untuk laki-laki diidentikkan dengan warna biru. Namun sekarang ini banyak inovasi-inovasi kombinasi warna untuk busana pesta.
Untuk busana pesta anak perempuan modelnya bermacam-macam, seperti :
a.      Basque
b.      Empire
c.       Princess
d.     A Line
e.      Long Torso
Sedangkan untuk model laki-laki memiliki keterbatasan model. Model yang biasa di gunakan tergolong kedalam model resmi yaitu, kemeja, celana dan vest, dapat juga di tambah dengan jas. Oleh karena itu, sebaiknya kita pintar-pintar memilih warna untuk menarik perhatian konsumen. Dengan model yang terbatas namun jika digabungkan dengan kombinasi warna yang baik, akan menghasilkan sesuatu yang fresh atau baru. Maka akan terlihat seperti tipe model terbaru.



Baca Juga:

Comments