Skip to main content

Memilih Bahan Busana Pesta


Bahan yang digunakan untuk busana pesta biasanya dipilih bahan-bahan yang berkualitas tinggi dan mampu menimbulkan kesan mewah. Bahan-bahan tersebut antara lain bahan yang tembus terang seperti bahan brokat, tile, organdi, sifon dan lain – lain (Enny Zuhni Khayati, 1998:2). 
Sedangkan menurut Sri Widarwati (1993) bahan yang digunakan untuk busana pesta antara lain beledu, kain renda, lame, sutera, dan sebagainya. Busana pesta yang digunakan pada umumnya adalah bahan yang berkilau, bahan tembus terang, mewah dan mahal setelah dibuat. 
Menurut Enny Zuhni Khayati (1998:9) ada empat hal yang perlu diperhatikan dalam pemilihan bahan busana yaitu :
(1)   Memilih bahan sesuai dengan desain.
Busana Pesta Yang Membutuhkan Kain Bersifat Kaku


       Desain adalah hal yang sangat menentukan saat melakukan pemilihan bahan. Contohnya saja desain yang membutuhkan bahan tekstil yang bersifat kaku seperti diatas, akan jelek jika bahan yang digunakan bahan bersifat melangsai. Contoh bahan tekstil untuk gaun pesta yang bersifat kaku adalah Duchees dan yang melangsai adalah taveta atau maxmara.

(2)   Memilih bahan sesuai dengan kondisi si pemakai.
Motif Bahan Tekstil Yang Memberikan Efek Pinggang Ramping
 Hal ini mengacu pada kondisi tubuh seseorang yaitu pendek atau tinggi, gemuk atau kurus dan berkulit gelap maupun terang. Wanita bertubuh gemuk tidak disarankan menggunakan bahan tekstil bermotif besar dan tidak disarankan juga menggunakan motif garis horizontal di busananya karena hal itu akan membuatnya semakin terlihat gemuk. Dan seseorang bertubuh pendek disarankan menggunkan bahan bermotif vertikal ataupun aksen aksen yang membentuk garis vertikal agar terlihat lebih tinggi. Seseorang dengan kulit gelap dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang terang serti putih dan pink serta hindari warna coklat.

(3)   Memilih bahan sesuai dengan kesempatan.
Evening Party Dress (prom)


Morning dress dan evening dress tentu saja berbeda dalam pemilihan bahannya, morning dress yang bersifat sederhana dengan bahan yang menyerap keringat dan evening dress yang bersifat glamour. Begitu juga dalam mendatangi acara acara pesta tertentu.

(4)   Memilih bahan sesuai dengan keuangan keluarga.
Memilih Bahan Tekstil Sesuai Kemampuan
Dalam pembuatan busana pesta dibutuhkan bahan tekstil sesuai desain, tak jarang bahan yang digunakan adalah bahan dengan harga mahal, hal itu tidak masalah jika keuangan yang dimiliki lebih dari cukup namun jika menginginkan bahan tekstil yang lebih murah dapat disiasati dengan memilih kain dengan karakteristik hampir sama dengan harga lebih miring.


NB: Artikel di atas hanya sebagai pembelajaran. Tidak diperbolehkan untuk menggunakan busana seperti gambar kecuali dikenakan hanya di depan mahram. Berpakaianlah sesuai tuntunan nabi. 
Terima kasih 😊

Ada dua golongan penduduk neraka yang keduanya belum pernah aku lihat, (yang pertama): Kaum yang memiliki cambuk-cambuk seperti ekor sapi yang digunakan untuk memukuli orang-orang. Dan (yang kedua): Para wanita yang berpakaian tapi telanjang, mereka menggoda dan jalannya berlenggak-lenggok, kepala-kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Para wanita itu tidak masuk surga, bahkan tidak mencium wanginya surga padahal wanginya bisa tercium dari jarak perjalanan sejauh ini dan itu.”



Comments